Korang Robus (Kerang rebus) Kota Tanjung Balai Asahan

Hasil laut dari Kota Tanjung Balai Asahan. Jika kita ingat Tanjung balai Asahan maka teringat pula akan kerang nya. Berbeda dengan kerang hasil laut di daerah lain. kerang yang ada di Tanjung Balai Asahan ini benar benar beda rasanya.

Dermaga Pangton, Bagan - Asahan

Nelayan di Tanjung Balai Asahan selain mencari ikan di laut mereka juga mencari kerang karena memang laut di sini banyak sekali kerangnya. Setiap hari ada saja kerang yang mereka bawa dari hasil melaut. Kemudian hasil laut ini mereka jual di pasar (pasar/pajak ; istilah orang Sumatera Utara).

Pasar / Pajak Teluk Nibung

Dan dimulai dari pajak kerang tadi masuk kerumah penduduk, ke warung warung, rumah makan, bahkan ke Hotel hotel di Tanjung Balai Asahan ini.

Karena terkenalnya kerang Tanjung Balai Asahan ini sehingga Pemerintah Daerah pun membangun Alun alun berbentuk kerang di Lapangan Pasir Kota Tanjung Balai Asahan yang menjadi salah satu pusat keramaian di tengah kota Tanjung Balai Asahan tersebut.

Lapangan Pasir Tanjung Balai Asahan

Inilah Kerang yang banyak terdapat di Tanjung Balai Asahan ini.Disajikan bersama saus bumbu kacang yang dapat menggugah selera kita untuk menyantapnya.

Oh, ya. Ada tradisi turun temurun yang kerap dibiasakan sampai sekarang oleh masyarakat Tanjung Balai Asahan ini yakni  mengadakan Pesta Kerang di setiap Tahunnya yang biasanya diselenggarakan di pusat keramaian Lapangan Pasir kota Tanjung Balai Asahan.

Begitulah cerita singkat tentang kerang Tanjung Balai Asahan, Makanya belum lengkap rasanya jalan jalan ke kota kerang ini jika belum mencoba korang robus nya Tanjung Balai Asahan. Dan jangan lupa juga jika habis mencicipi kerang rebus tersebut untuk meminum sedikit kuah dari rebusannya. Kata orang tua dulu (boleh percaya boleh tidak) itu syarat agar kita tidak sakit perut jika kebanyakan makan kerang rebus. Hehehehe… terserah deh.

Tulisan ini dipublikasikan di Pena Harian, Tradisi Umum dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s