Mudik Lagi (Tradisi Masyarakat Umum)

Tradisi Mudik merupakan kebiasaan yang dilakukan masyarakat dalam setiap tahun. Baik itu Mudik Lebaran, Mudik Tahun Baru atau musim mudik Hari besar lainnya.

Seperti kali ini, aku berencana mudik Lebaran dari kota Tanjung Balai Asahan ini ke kota kelahiranku di Medan (Oh, ya. Aku sebenarnya bukan warga asli Tanjung Balai Asahan, hanya bekerja mengais rezeki di kota yang dijuluki Kota kerang ini). Tapi aku cukup senang tinggal di kota kecil namun padat penduduk ini. Rencananya sih aku  mudik ke Medan pada minus H 3 nanti dengan menumpang Kereta Api Jurusan Tanjung Balai – Medan dengan Biaya ongkos hanya Rp.14.000,- saja dan lama perjalanan memakan waktu sekitar kurang lebih 5 jam. Ada sih Alternatif lain sarana mudik seperti naik mini Bus KUPJ, atau Taxi dsb.Tapi aku lebih menyukai melakukan perjalanan dgn kereta api karena selain lebih murah ongkosnya dibanding naik angkutan lain (meski waktu perjalanan lebih lama sampai) namun bagiku dengan berkereta api merasa lebih leluasa bergerak juga banyaknya aneka jajanan selama perjalanan yg membuat penumpang tidak mudah bosan. makanya aku sudah mulai was was tentang padatnya arus penumpang kereta api menjelang Lebaran ini. Karena pasti Alternatif yg satu ini yg paling diminati dikota ini. Pertanyaannya apakah aku bisa dapat tiket bernomer tempat duduk atau tidak ya? Dan itu sudah merupakan salah satu tradisi juga bagiku (Tradisi mikirin mudik padahal belum libur kerja, hehehe…).

Seperti sore tadi aku coba JJS (Jalan Jalan Sore ) sambil menunggu waktu berbuka Puasa dengan pergi ke Stasiun Kereta Api. Tujuanku tak lain ingin melihat Jadwal keberangkatan Kereta Api setiap Harinya.

Dari pantauanku (ceilah,…kayak John Pantau aja) di Stasiun kereta Api adalah sbb :

Jadwal keberangkatan Kereta Api Jurusan Tanjung Balai – Medan :

  1. Pagi   : Pkl. 07.10 wib
  2. Siang : Pkl. 12.15 wib
  3. Sore  : Pkl. 19.15 wib

Jadwal diatas merupakan Jadwal normal keberangkatan setiap hari. Kalau jadwal gak normalnya seperti saat aku melihat penumpang kereta api yg mau berangkat pkl. 19.15 wib ini. Jam sudah menunjukkan pkl. 18.45 wib dan penumpang sudah selesai antri tiket dari buka Loket pkl. 18.00 wib tadi, namun kereta tak kunjung tiba juga alias terlambat dari kota Medan. Padahal seharusnya sudah harus sampai pkl. 17.30 wib seperti biasanya. Wah…wah.. wah.. itu sudah sering terjadi setiap menjelang mudik Lebaran. Nah ini juga disebut Tradisi bukan?

By The Way, Tak salah jika tulisanku ini kumasukkan dalam Kategori Tradisi Umum.

He…he…he….. Selamat Mudik ya

Pos ini dipublikasikan di Tradisi Umum dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Mudik Lagi (Tradisi Masyarakat Umum)

  1. rani berkata:

    wah…wah…muantab…..,,, yukk… mari mudik naik kreta api…cus…cus..cus.. cap..cus..

  2. bang toyyib berkata:

    Pengalaman pribadi yang menarik, hahaha….
    Tapi emang benar koq, semua orang pasti melakukan tradisi mikirin mudik setiap menjelang libur mudik.meski mereka belum waktunya mudik alias masih situasi hari kerja. Latah atau tradisi ya Bos?

  3. pasa berkata:

    salam,
    boleh saya minta info taksi dari tanjung balai ke medan kalau boleh sekalian harga dan no yg dapat di hubungi dan sebaliknya dari medan ke tanjung balai.

  4. natasia berkata:

    Boleh minta kontaknya ga? Saya pgn k tj.balai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s